5 Teknik Menanam di Lahan Sempit Yang Terbukti Berhasil

Pertanyaan

Permasalahan yang sering dijumpai dalam masa bercocok tanam ini adalah kurangnya lahan yang ada di halaman. Bagi masyarakat yang tinggal berdempetan dengan tetangga, pasti seringkali kesulitan untuk bercocok tanam tanpa tanah yang luas dan mencukupi.

Oleh sebab itu, disini kami sampaikan enam metode dalam menanam tanaman di lahan yang sempit yang bisa berhasil untuk anda praktekkan.

1. Teknik Hidroponik

Hidroponik merupakan sistem budidaya tanaman yang mengandalkan air sebagai pelarut nutrisi. Sistem ini tidak menggunakan tanah sebagai tegakan, tetapi menggunakan media lain seperti stereofoam, rockwool, pasir dan zeolit.

Keuntungan menggunakan teknologi hidroponik diantaranya adalah produktivitas lebih tinggi, tanaman lebih terhindar dari hama penyakit, nutrisi bagi tanaman terjamin karena tersedia secara kontinyu.

2. Teknik Vertiminaponik

Media tanam yang digunakan berupa batu zeolit dan kompos. Cara kerja Vertiminaponik adalah dengan mengalirkan air secara terus menerus menggunakan pompa akuarium dari bak pemeliharaan ikan sebagai penyiraman dan suplai hara tanaman. Keunggulan cara ini adalah menghasilkan tanaman serta ternak ikan yang ramah lingkungan dan bebas bahan kimia.

3. Teknik Wolkaponik

Teknologi ini merupakan gabungan dari budidaya tanaman secara wall gardening dengan budidaya ikan. Bedanya dengan vertiminaponik hanya pada penyusunan dan banyaknya wadah untuk menanam. Pada Wolkaponik, wadah yang digunakan lebih banyak dan tersusun secara bertingkat ke atas. Wolkaponik bisa didesign dengan menggunakan pot, talang atau pipa paralon.

4. Teknik Wall Gardening

Prinsip kerja dari teknologi ini adalah dengan memanfaatkan tembok atau dinding yang kosong sebagai lokasi penanaman dengan menggunakan terpal, paralon, pot, karrpet, atau wadah lain secara vertical.

Apabila ingin memadukan antara penghijauan dengan meminimalisir jumlah sampah botol plastik, maka dapat melakukan penanaman wall gardening dengan menggunakan wadah botol plastik yang diatur sedemikian rupa berbentuk vertikal.

5. Teknik Vertikultur

Vertikultur merupakan salah satu cara penanaman yang sekarang telah banyak dilakukan oleh sebagian rumah tangga lahan sempit.

Cara budidaya tanamannya juga cukup mudah yaitu dengan menggunakan wadah yang disusun secara bertingkat. Umumnya teknologi ini menggunakan talang yang disusun secara bertingkat. Namun ada juga yang menggunakan bambu atau wadah-wadah bekas yang susunannya juga bertingkat ke atas.

Dan setelah anda menguasai beberapa teknik penanaman tersebut, anda bisa melihat panduan lengkapnya di Sipintar tentang berbagai cara menanam tanaman yang benar dan berhasil.

Cukup dengan menyesuaikan beberapa alternatif penanaman di atas dan panduan menanam dari Sipintar.net, maka lahan yang sempit dapat menjadi hijau dan memiliki nilai yang estetis.

0
trihartanti 2 bulan 0 Jawaban 59 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban