5 Tips Belajar Sains dan Matematika yang Efektif dan Menyenangkan

Pertanyaan

Sains dan Matematika merupakan disiplin ilmu yang dikenal memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dibanding yang lain. Meski begitu, ada cara belajar sains dan matematika agar lebih efektif. Seperti apa caranya?

Dilansir dari laman jagoanprivat.com, tujuan akhir pembelajaran sains dan matematika adalah memahami materi yang disajikan, menerapkan keterampilan, dan mengingat konsepnya. Untuk mencapai tujuan itu setiap siswa membutuhkan cara-cara yang berbeda agar bisa memahami matematika secara efektif.

Berikut 5 tips agar belajar sains dan matematika lebih efektif dan terasa menyenangkan:

1. Pecah menjadi konsep-konsep kecil

Pelajaran sains dan matematika tidak hanya soal mengingat, namun juga memahami konsep. Untuk itu, kamu bisa memotong materi pelajaran ke dalam kelompok-kelompok kecil agar lebih mudah dimengerti.

2. Hubungkan dengan kehidupan sehari-hari

Pelajaran sains identik dengan fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga saat mempelajari sains, hubungkan dengan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan menjadi teknik mengingat yang seru.

3. Pilih waktu yang tepat

Pilihlah waktu dalam satu hari saat pikiran masih fresh dan energi mental masih banyak. Umumnya, waktu efektif belajar ialah di pagi hari. Namun, tak menutup kemungkinan kamu merasa efektif belajar saat malam hari.

Terpenting, selalu gunakan waktu terbaik dalam satu hari untuk mengulang pelajaran sains dan matematika. Tanpa sadar, kamu akan lebih menguasai dua pelajaran tersebut saat ujian tiba.

4. Ketekunan lebih penting dari kecerdasan

Tekun dalam meluangkan waktu untuk mengulang pelajaran atau bahkan inisiatif mempelajari dari beragam sumber, dapat menjadi cara yang lebih efektif ketimbang hanya mengandalkan kecerdasan.

5. Latihan soal

Untuk mengetahui sejauh mana kamu telah menguasai materi, akhiri sesi belajar dengan latihan soal dan evaluasi. Catat materi mana saja yang membuat kamu kesulitan, lalu mintalah guru, teman atau tutor untuk membantu kamu menguasai materi itu dari sudut pandang mereka.

Itulah beberapa tips belajar sains dan matematika yang efektif dan menyenangkan. Jika kamu masih saja kesulitan untuk mata pelajaran matematika, kamu bisa cari tempat les matematika terdekat dan juga les matematika murah di sekitaran tempat tinggalmu. Privat matematika akan membuat kamu lebih paham serta menyenangi pelajaran tersebut.

0
maxmian 9 bulan 0 Jawaban 166 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban