5 Tips Memilih Kusen Pintu Kayu yang Tepat

Pertanyaan

Pintu adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah rumah. Selain sebagai akses keluar masuk, pintu memiliki fungsi penting lainnya seperti memberikan keamanan hingga privasi bagi penghuninya.

Oleh karena itu, memilih kusen pintu tak boleh asal-asalan. Selain memperhatikan bahan, kamu juga harus mempertimbangkan desain, ukuran, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Nah, untuk memudahkanmu memilih kusen pintu yang bagus, berikut ini tips memilih kusen pintu dilansir dari PintuJepara.Com.

1. Perhatikan Jenis Kusen

Ada banyak jenis kusen yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah jenis kusen kayu yang banyak digunakan di setiap rumah. Jika memilih kusen jenis ini, pilih dari bahan kayu yang berkualitas bagus agar lebih tahan lama.

Kayu jati menjadi pilihan tepat untuk membuat kusen pintu. Dimana untuk penggunaan jangka panjang, kayu jati memang tergolong kayu nomor satu yang kokoh dan juga bagus untuk didesain berbagai macam model.

2. Perhatikan Tekstur Kayu

Untuk mengetahui apakah jenis kayu pada kusen tersebut kokoh atau tidak, kamu bisa memperhatikan serat dan teksurnya. Kayu yang kuat serta berkualitas memiliki ciri berwarna merah kecoklatan.

Selain itu, perhatikan juga perubahan teksturnya ketika terkena air. Biasanya, kayu yang bagus akan mengeluarkan getah berwarna merah ketika tersiram air.

3. Jangan Pilih Kayu yang Belang

Sebaiknya tidak memilih kayu dengan belang putih. Sebab, belang putih ini rawan termakan rayap dan tidak kuat sebab kayu tersebut merupakan bagian pinggiran yang biasanya tidak digunakan, sehingga kurang cocok untuk kusen kayu.

4. Sesuaikan dengan Konsep dan Interior Ruangan

Setelah mendapatkan pintu kusen yang tepat, kini saatnya mencocokkan desain kusen pintu kayu dengan interior ruanganmu. Untuk kesan Jawa klasik, kamu bisa menambahkan ukiran khas kusen pintu Jepara.

5. Pilih yang Sesuai Anggaran

Jangan lupa untuk memilih kusen pintu sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Ada banyak variasi harga kusen kayu yang bisa kamu jadikan patokan sebelum membeli. Kamu bisa cek harga secara online melalui situs-situs yang jual pintu seperti PintuJepara.Com untuk mendapatkan harga terbaik.

0
maxmian 3 bulan 0 Jawaban 48 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban