Beberapa Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Pertanyaan

Mengatasi anak kecanduan gadget memang perlu dilakukan sesering mungkin. Karena masalah tersebut dapat mempengaruhi proses belajar dan perkembangan anak. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan anak menjadi kecanduan game online. Bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan HP? Simak tipsnya pada artikel di bawah ini.

Lantas bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan gadget khususnya HP? Tips-tips berikut dapat membantu Anda dalam hal ini.

1. Kembangkan kegiatan bermain secara langsung

Tips pertama untuk mengatasi anak-anak yang kecanduan gadget adalah memastikan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain dan belajar secara langsung, bukan dari layar. Selain mencegah kecanduan ponsel, bermain di luar rumah juga baik untuk kesehatan tubuh anak.

2. Jadilah contoh yang baik

Mengutip situs web Common Sense Media, salah satu cara paling efektif untuk merawat anak-anak yang kecanduan HP adalah dengan memberi contoh.

Jika Anda tidak ingin anak Anda bermain dengan smartphone, Anda juga perlu mengetahui cara mengatur waktu penggunaan perangkat dengan bijak. Jangan sampai menegur mereka, tapi anda sendiri masih terpaku pada gadget itu sendiri. Larangan Anda pasti tidak akan membawa hasil apa pun.

3. Hindari menempatkan gadget sembarangan

Anak-anak menjadi akrab dan terlibat dengan gadget ketika mereka dapat mengakses perangkat tersebut dengan mudah. Oleh karena itu, untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, hindari menempatkannya sembarangan. Selain itu, pastikan kamar anak bebas dari alat-alat tersebut.

4. Bersikap tegas dan konsisten

Membebaskan anak dari gadget kesayangannya bisa membuatnya tantrum. Kondisi ini memang sulit untuk dikelola. Namun, ingatlah bahwa Anda harus konsisten menerapkan aturan yang telah ditetapkan.

Jangan biarkan Anda merasa kasihan pada anak Anda. Ingatlah selalu bahwa tujuan Anda adalah membebaskan anak dari kecanduan gadget yang dapat berdampak buruk bagi masa depan mereka.

5. Minta bantuan tenaga profesional

Jika langkah-langkah di atas tidak memberikan efek maksimal. Atau mungkin anak menjadi stres, cemas, atau bahkan depresi. Dalam hal ini, cobalah berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti dokter atau psikolog anak.

Jangan ragu untuk mengobrol dengan mereka dan minta saran pengasuhan yang lebih baik. Mereka akan membantu Anda menghadapi anak-anak yang kecanduan gadget.

Sayangnya, banyak sekali orang tua yang membiarkan anaknya bermain gadget tanpa memikirkan dampaknya karena pengetahuan yang kurang luas.

Dan untuk menambah wawasan, Anda dapat mencarinya di portal-portal berita salah satunya adalah Gemerlap.net yang merupakan portal berita milenial kekinian yang memiliki banyak informasi tentang teknologi, keluarga, hiburan, film, fashion , parenting dll.

Itulah beberapa tips agar anak tidak kecanduan gadget. Penting untuk mengajarkan anak sejak dini untuk menggunakan gadget sesuai kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat.

0
annisa 3 hari 0 Jawaban 22 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban