Bingung Memilih Ban Mobil? Simak 4 Hal Berikut Ini

Pertanyaan

Ban untuk sebuah kendaraan merupakan hal vital. Tanpa ban, bisa jadi sebuah mobil tidak bisa melaju meski mesinnya luar biasa dahsyat. Karena itu, bila Anda asal-asalan memilih ban bisa jadi kendaraan Anda tidak akan maksimal berjalan.

Karena itu, pelajari bagaimana memilih ban yang tepat seperti disampaikan Otomotify dalam situsnya Otomotify.Id:

1. Ketahui Ukuran Standar

Dalam membeli ban mobil yang baru sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetahui ukuran ban mobil yang sesuai dengan standarnya. Biasanya, pada setiap ban terdapat sebuah kombinasi huruf dan angka yang menandakan ukuran ban tersebut.

2. Pilih Tipe Ban yang Tepat

Profil ban yang sesuai standar pabrikan merupakan yang paling aman dan terbaik untuk penggunaan harian. Sedangkan untuk sifat ban, gunakan juga yang sesuai ketentuan pabrikan.

Tipe ban yang sesuai dengan mobil Anda umumnya tertera pada plakat di pintu, atau laci mobil. Sebagai contoh: terdapat huruf P (Passenger), berarti ban tersebut didesain untuk mobil penumpang, lalu ada LT (Light Truck), ST (Special Trailer), T yang berarti ban serep, dan R (Radial).

3. Ukiran pada Ban

Pernahkah kamu memperhatikan jika ukiran pada setiap model ban memiliki perbedaan? Hal tersebut karena ban mobil yang baik harus menekankan besarnya daya gesek ke jalan. Semakin besar daya gesek sebuah ban ke jalan, maka risiko mobil tergelincir dapat berkurang.

4. Tahun Pembuatan

Saat ingin membeli ban baru, usahakan memilih ban yang masih berusia muda, lebih bagus lagi jika baru diproduksi. Ban dengan tahun pembuatan yang lebih muda dapat menjamin kualitasnya yang terjaga.

Tidak disarankan membeli ban lama, karena tapak ban sudah mulai mengeras yang berpengaruh pada daya cengkram ban ke aspal terutama pada saat pengereman. Hal ini mengurangi kenyamanan dan berpengaruh pada keselamatan berkendara.

Semoga tips memilih jenis ban mobil di atas dapat membantu menentukan pilihan ban yang tepat untuk mobil Anda. Jangan lupa selalu merawat ban dengan baik supaya memiliki umur pakai yang lama, ya!

0
maxmian 9 bulan 0 Jawaban 180 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban