Cara Mengukur Luas Bangunan Menggunakan Software

Pertanyaan

Mengetahui ukuran tanah dan bangunan adalah langkah yang penting untuk menetapkan harga yang sesuai. Luas bangunan juga perlu untuk membantu merancang interior di dalam rumah.

Sebenarnya tidak sulit menemukan ukuran luas tanah atau bangunan, yakni dengan mengetahui rumus dalam menghitung luas tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software untuk membantu cara mengukur luas bangunan.

Untuk membantu Anda dalam melakukan pengukuran luas bangunan, berikut beberapa cara mengukur luas bangunan dengan menggunkan software:

Cara Mengukur Luas Bangunan dengan Microsoft Excel

Untuk memudahkan dalam mengukur luas bangunan, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel. Cara menghitung akar pada Microsoft Excel ialah dengan menggunakan rumus = SQRT (angka). Jika sudah didapatkan hasilnya, jumlahkan dengan rumus =SUM (rentang data).

Cara Mengukur Luas Bangunan dengan AUTOCAD

Anda juga bisa menggunakan software Autocad untuk melakukan pengukuran bangunan. Aplikasi dalam Autocad sendiri juga bermacam-macam, dan salah satu yang paling sering digunakan yaitu aplikasi bernama DraftSight. Lisensi serial number software ini pun gratis, sehingga banyak orang tertarik menggunakannya.

Cara Mengukur Luas Tanah dengan Google Maps

Tidak hanya sebagai penunjuk arah, Google Maps ternyata juga dapat mempermudah Anda dalam melakukan pengukuran luas tanah atau bangunan.

Untuk cara mengukurnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Buka Google Maps melalui web browser.

2. Pilih opsi Satellite untuk mengubah tampilan menjadi satellite view, supaya Anda bisa melihat kondisi tanah yang akan diukur.

3. Masukkan alamat lokasi tanah yang akan diukur di kotak pencarian.

4. Jika lokasinya sudah tepat, atur pembesaran maksimal atau sesuai keperluan, contohnya 1: 5.000.

5. Pilih “Measure distance” atau “Ukur jarak”, lalu klik tepi-tepi lahan atau batas terluar tanah yang ingin diukur pada beberapa titik dan kembali lagi ke awal.

6. Terdapat informasi total area yang menunjukkan luas lahan yang telah dipilih.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengukur luas bangunan. Namun, jika Anda masih merasa kesulitan dengan menggunakan cara tersebut, Anda bisa menggunakan jasa pengukuran tanah melalui JasaUkur.Com.

Jasa Ukur merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan konsultasi dalam bidang jasa pengukuran tanah dan juga jasa survey Topografi. Dan untuk besaran biaya jasa pengukuran tanah bisa Anda cek melalui situs tersebut.

0
maxmian 10 bulan 0 Jawaban 121 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban