Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Bakso

Pertanyaan

Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mudah ditemui di mana saja. Hal ini karena bakso disukai oleh banyak orang. Bakso tidak hanya disukai karena kelezatan dagingnya saja, namun juga kuahnya.

Salah satu makanan dari olahan daging ini menjadi favorit bagi banyak orang. Untuk beberapa orang pun membuat bakso sapi tampaknya tak begitu sulit, akantetapi membuat bakso yang kenyal pun bukan hal yang mudah. Namun kamu bisa mengikuti Kursus bakso enak jika kamu ingin membuat bakso yang enak bahkan sangat cocok untuk dijual.

Kamu bisa mengikuti Kursus bakso secara langsung maupun online. Tetapi dengan mengikuti Kursus bakso online akan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan seperti biaya yang lebih murah, mendapatkan bimbingan lebih lengkap, dan masih banyak lagi keuntungan yang lain.

Nah,berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bakso:

Gunakan Daging Segar

Walaupun pembuatan bakso sapi menggunakan berbagai bahan pelengkap, bukan berarti kamu bisa menggunakan daging sapi yang sudah kurang segar. Selalu gunakan daging sapi yang segar, beraroma khas daging, dan berwarna merah cerah. Daging sapi yang kurang segar hanya akan membuat rasa, aroma, dan tekstur bakso Anda menjadi kurang lezat.

Perbandingan Daging dan Bahan Lain Harus Pas

Jangan asal mencampur bahan tanpa takaran yang tepat kalau ingin tekstur bakso kenyal sempurna. Gunakan 1 kg daging sapi dan 250 gram tepung tapioka agar bakso memiliki tekstur yang pas.

Masukkan Es Batu ke Dalam Daging Terlebih Dahulu

Giling daging sapi bersama dengan es batu, atau tambahkan air es ke dalam daging giling. Es batu berfungsi untuk melarutkan dan membuat suhu adonan stabil. Saat adonan bakso digiling, protein akan hancur efek panas dari mesin giling.

Gunakan Garam Kasar

Untuk mendapatkan kekenyalan yang pas dalam pembuatan bakso juga tergantung pada penggunaan garam. Garam kasar sesuai takaran bisa membuat bakso lebih kenyal dibandingkan garam halus. Ini karena garam kasar mengandung alkali yang baik dan bisa menjadi pengental alami pada bakso sapi.

0
Maxmian 3 bulan 0 Jawaban 58 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban