Ingin Ke Luar Negeri? Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsi Visa Berikut Ini

Pertanyaan

Visa adalah dokumen yang membuktikan bahwa seseorang memiliki hak untuk masuk dan tinggal di suatu negara pada waktu tertentu. Berbeda dengan paspor yang diterbitkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan dikunjungi pemohon.

Nah, bagi anda yang ingin bepergian keluar negeri, perlu tahu terlebih dahulu bahwa ada beberapa jenis visa yang sesuai dengan tujuan kunjungan.

Berikut jenis dan fungsi visa yang perlu anda tahu agar tidak salah dalam membuatnya :

1. Visa Turis

Ingin bepergian alias travelling ke luar negeri? Visa turis harus kamu miliki! Pada dasarnya, visa turis atau visa kunjungan wisata diperlukan saat kamu mengunjungi suatu negara untuk tujuan pariwisata. Dengan visa ini, kamu diizinkan untuk masuk dan menikmati berbagai perjalanan di negara tersebut.

2. Visa Transit

Berencana untuk travelling ke negara tertentu, tapi harus melewati transit di negara lain? Pastikan kamu mempersiapkan visa transit, ya! Jenis visa satu ini berlaku untuk kamu yang akan melakukan transit di suatu negara sebelum mencapai negara tujuan.

3. Visa Bisnis

Visa bisnis merupakan jenis visa yang ditujukan untuk kepentingan bisnis atau komersial dalam jangka waktu yang cukup lama. Misalnya saja, kamu ingin membangun perusahaan di negara tujuan dan membutuhkan persiapan yang lebih lama dan matang. Dengan mengantongi visa ini, kamu akan leluasa untuk mengurus keperluan perusahaan dengan baik.

4. Visa Kerja

Bercita-cita untuk magang atau kerja di luar negeri? Visa kerja pasti kamu butuhkan! Dikenal dengan istilah work visa, jenis visa ini memperbolehkan pemegangnya untuk bekerja sebagai karyawan pada perusahaan yang ada di negara tujuan.

5. Visa Pelajar

Seperti namanya, visa pelajar diperuntukkan bagi kamu yang hendak menempuh pendidikan di negara lain. Setiap negara tentunya mempunyai regulasi dan persyaratan yang berbeda terkait pengurusan visa pelajar. Namun, umumnya jenis dan durasi pendidikan yang ditempuh akan turut memengaruhi visa pelajarmu.

Nah, untuk pengetahuan dan cara-cara pembuatan visa lebih lanjut, bisa anda pelajari di https://www.jangkargroups.co.id/ yang memang membahas tentang pembuatan dokumen dan bisnis antar negara.

Itu dia beberapa jenis visa yang perlu kamu ketahui, khususnya buat kamu yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri.

0
davyno 9 bulan 0 Jawaban 115 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban