Kenapa Anak Laki-Laki Harus Di Sunat? Ternyata Inilah Manfaatnya

Pertanyaan

Dalam agama Islam, praktik sunat pada laki-laki adalah suatu kewajiban. Sunat atau sirkumsisi adalah pemotongan kulup atau kulit yang menutupi ujung penis. Pemotongan kulup tersebut bukannya tanpa alasan. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan kulit luar penis yang merupakan tempat berkumpulnya kotoran.

Sunat juga dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi anak laki-laki. Terlepas dari ajaran agama, dari sisi kesehatan praktik, sunat pada laki-laki ternyata banyak manfaatnya. Biasanya sunat dilakukan saat anak masih kecil, bahkan beberapa orangtua mengambil keputusan melakukan sunat untuk anaknya selagi masih bayi.

Masa liburan sekolah sering dimanfaatkan oleh para orang tua untuk membawa anak laki-lakinya dikhitan atau disunat. Untuk Anda yang tinggal di daerah Yogyakarta dan Klaten bisa memilih Abdusysyafi Khitan Centre yang merupakan rumah sunat Jogja dan Klaten yang dikelola oleh para Dokter Sunat dan Profesional Medis yang berkompeten.

Selain itu Abdusysyafi adalah khitan Jogja dan Klaten yang melayani sunat modern dan herbal menggunakan peralatan canggih, teknologi modern, dan menerapkan metode sunat terkini.

Dan Anda perlu tahu apa saja manfaat dari sunat terlepas dari perintah agama berikut ini:

Menurunkan Risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Salah satu manfaat sunat adalah dapat menurunkan risiko terjadinya ISK pada anak, terutama pada tahun pertama kehidupan seorang anak. Karena jumlah bakteri di bawah kulup pada anak laki-laki yang tidak disunat lebih banyak sehingga dapat masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Mengurangi Anak Tertular Penyakit Kelamin

Ternyata sunat dapat memperkecil risiko anak laki-laki terkena penyakit kelamin karena sunat dapat menurunkan jumlah bakteri yang terdapat pada kulup penis.

Mengalami Lebih Sedikit Kondisi Medis

Menurut penelitian setengah dari laki-laki yang tidak disunat akan mengidap kondisi medis yang merugikan yang disebabkan oleh kulup mereka selama hidup mereka.

Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Sebuah studi menemukan bahwa sunat memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker prostat, terutama di antara pria kulit hitam yang berisiko tinggi.

Demikianlah tadi informasi tentang manfaat dari sunat yang perlu Anda ketahui. Semoga berguna.

0
Damian 9 bulan 0 Jawaban 136 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban