Mudah dan Pasti Bisa! 5 Cara Bermain Gitar bagi Pemula

Pertanyaan

Alat musik gitar sangat populer apalagi di kalangan kaum muda. Hal tersebut dikarenakan selain alat musiknya yang mudah dibawa kemana saja, gitar juga cocok dimainkan untuk lagu-lagu yang sedang populer.

Bagi yang sudah bisa memainkan gitar, tentu bukan menjadi suatu masalah. Namun bagi pemula, tentu memerlukan pengetahuan dasar untuk bisa memainkan gitar. Salah satunya dengan mengetahui beberapa macam kunci gitar dasar. Beberapa macam chord gitar dasar ini bisa menjadi bekal untuk memainkan berbagai macam lagu.

Berikut Chordku telah merangkum 5 cara bermain gitar bagi pemula, mudah dan cepat bisa.

1. Pelajari kunci dasar

Sebelum kamu belajar memetik gitar, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui kunci dasar dalam bermain gitar. Biasanya gitar memiliki 6 senar, mulai dari senar yang ada bagian paling atas hingga paling bawah sendiri. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.

2. Mempelajari cara tuning atau menyetel senar gitar

Ketika kamu sudah mendapatkan posisi yang nyaman, tahap selanjutnya adalah menyetel senar gitar. Pasalnya jika tidak setel, senar biasaya tidak mengeluarkan suara yang merdu. Belajar tuning perlu kamu lakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu.

3. Belajar memetik gitar

Belajar memetik gitar perlu kamu pelajari agar nada yang dimainkan bisa terdengar indah dan merdu. Pada tahap ini kau perlu menggunakan 5 jarimu.

Letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Lakukan secara perlahan hingga kamu bisa memetiknya dengan baik.

4. Melatih memori otot tangan

Saat awal mencoba bermain gitar, jari-jari akan terasa sangat sakit dan mengeras pada setiap ujung jari. Namun hal itu tidak masalah, terus berlatih, lama-kelamaan kamu akan terbiasa. Ketika bermain gitar, pastikan kamu konsentrasi pada setiap petikan dan kuncinya.

5. Berlatih secara rutin

Setelah kamu mengenal semuanya dengan baik, tahap selanjutnya adalah dengan rajin latihan. Cara ini terbilang cukup penting karena jika tidak terus diasah, maka kemampuan kamu dalam bermain gitar tidak akan berkembang.

0
maxmian 2 bulan 0 Jawaban 81 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban