Tips Lolos Mengikuti Tes CPNS Yang Bisa Anda Coba

Pertanyaan

Setiap tahun, tes CPNS menarik ribuan orang yang ingin bekerja di instansi pemerintah. Status PNS diyakini memiliki prestise yang tinggi, gaji yang stabil, berbagai tunjangan dan alasan lain yang memotivasi banyak orang untuk menjadi PNS.

Nah, bagi Anda yang bercita-cita menjadi PNS, berikut tips lolos CPNS yang dikutip dari sumber di bawah ini.

Selalu memperbarui informasi CPNS

Informasi CPNS dapat diverifikasi dengan berbagai syarat dan ketentuan yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), KemenPAN RB atau lembaga resmi pemerintah lainnya. Pastikan juga untuk mengecek jadwal pendaftaran  agar tidak ketinggalan pendaftaran. Informasi juga harus dipantau ketika pemerintah membuat perubahan peraturan yang akan merugikan jika terlewatkan.

Persiapkan dan lengkapi dokumen persyaratan

Karena ada seleksi administrasi untuk tes CPNS, maka kelengkapan dokumen menjadi syarat mutlak. Pastikan Anda telah mempersiapkan dengan lengkap semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Ingat, sekali lagi pastikan semua dokumen valid dan sesuai dengan persyaratan lembaga dan formasi terbuka.

Buat rencana belajar dan rajin berlatih soal

Buatlah rencana belajar agar bisa menyempurnakan soal ujian. Biasanya tes CPNS menguji Seleksi Keterampilan Dasar (SKD) dengan 3 butir soal yang diujikan, seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Juga ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Luangkan waktu untuk belajar dengan giat , mempelajari kisi-kisi, dan membaca berbagai dokumen.

Bergabunglah dengan kelompok belajar atau bimbel

Belajar sendirian terkadang terasa sulit dan membosankan bagi sebagian orang. Hal ini bisa Anda atasi dengan membentuk kelompok belajar atau dengan mengikuti bimbel agar lebih semangat belajar. Salah satu bimbingan belajar online yang bisa jadi pilihan adalah ASN Institute. Yang merupakan bimbel online yang sangat cocok untuk CPNS, karena memiliki program belajar untuk CPNS dan juga tryout online untuk CPNS.

Ketahui lokasi tes yang direncanakan

Setiap peserta dari berbagai daerah akan diarahkan ke lokasi pengujian yang berbeda. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui di mana letak lokasi pengujian. Datang lebih awal ke lokasi ujian juga merupakan saran untuk lulus CPNS berikutnya. Datang lebih awal dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemacetan lalu lintas. Panitia biasanya menetapkan pedoman yang ketat untuk mencegah peserta yang terlambat masuk ke ruang ujian.

Itulah tips lolos CPNS bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai PNS di pusat dan daerah. Pastinya tips lulus CPNS ini bisa dicoba bagi Anda yang ingin mencoba menjadi calon abdi negara di berbagai otoritas pusat dan daerah.

0
ekanovi 2 hari 0 Jawaban 18 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban