Tips Tepat Menulis Jurnal Yang Efektif dan Berkualitas

Pertanyaan

Artikel ilmiah diterbitkan dalam jurnal umum oleh guru yang juga peneliti atau ilmuwan. Bahkan merupakan kewajiban karena merupakan salah satu tugas pokok dalam pokok-pokok kajian Tri Dharma.

Menurut beberapa pakar, menulis jurnal tidak membutuhkan banyak sumber daya. Menurutnya, banyak penelitian yang bisa dilakukan secara gratis, dengan hibah, bahkan mendapatkan bonus penelitian yang fantastis.

Ada beberapa hal agar jurnal yang mereka tulis dapat dipublikasikan di jurnal internasional seperti Octopus atau secara nasional seperti SINTA.

Berikut 3 tips menulis jurnal penelitian yang efektif dan berkualitas:

1. Pilihan majalah dan penerbit yang bagus

Ada banyak penerbit yang menawarkan peluang gratis. Selain itu, ada juga hibah penelitian yang mendorong penulisan jurnal dan partisipasi dalam konferensi internasional. Meskipun ada banyak peluang bagus seperti ini, perlu untuk teliti dan teliti dalam mengumpulkan informasi.

Anda bisa mencoba beberapa publikasi gratis yang terindeks SCOPUS. Diantaranya International Journal of Technology dari Universitas Indonesia (UI), International Journal on Electrical Engineering and Informatics dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan beberapa penerbit International Journal seperti Siamsite, Elsevier, Taylor and Francis, Sage dan lain-lain.

2. Belajar dari penolakan

Biasanya ada beberapa alasan kenapa majalah sering ditolak. Misalnya naskah di luar bagian review, unsur-unsur naskah tidak lengkap, tata bahasa yang digunakan tidak tepat, sehingga pembahasannya terlalu dangkal. Hal itu bisa dijadikan pelajaran dan perbaikan lagi.

3. Pilih jurnal target yang sesuai berdasarkan keahlian Anda

Sarjana perlu memahami jurnal target yang mereka pilih, mulai dari tingkat kesulitan, gaya sampul, batasan jurnal, dan diakhiri dengan preferensi penerbit.

Tips ini bisa dipelajari dan disempurnakan seiring berjalannya waktu. Ada banyak forum, platform pembelajaran, dan sistem akademik yang dapat digunakan para ilmuwan untuk berkembang.

Pada dasarnya, anda tinggal mengasah diri sendiri agar berhasil menulis jurnal. Penting bahwa ada kemauan yang kuat di antara para akademisi untuk terus belajar. Karena sudah menjadi kewajiban kita di kampus untuk mengembangkan ilmu dan peradaban melalui tulisan.

0
ekanovi 5 hari 0 Jawaban 17 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban