Toilet Masih Kotor? Waspadai 4 Penyakit Berikut Ini

Pertanyaan

Toilet merupakan fasilitas dasar yang harus ada dalam setiap rumah tangga dan tempat umum. Selain tersedia dalam jumlah yang memadai, toilet pun harus cukup bersih, nyaman, dan layak digunakan. Hal ini disebabkan karena toilet yang kotor dapat menimbulkan dampak berupa penyebaran berbagai penyakit.

Berikut berbagai penyakit yang dapat muncul akibat penggunaan toilet yang kotor:

1. Penyakit Demam Tifoid

Penyakit demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Gejalanya yakni diare, mual, muntah, nafsu makan menurun, tidak enak badan, dan ruam.

Orang yang tidak memiliki akses terhadap air bersih lebih rentan terinfeksi, sebab penyakit demam tifoid menular melalui air yang terkontaminasi feses penderita.

2. Disentri

Disentri terjadi akibat infeksi bakteri Shigella atau parasit Entamoeba histolytica pada usus. Gejalanya adalah demam, mual, muntah, dan BAB berdarah.

Disentri menular dengan cara yang sama seperti demam tifoid. Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan cara selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah menggunakan toilet.

3. Hepatitis A

Dampak lain yang bisa muncul dari toilet yang kotor adalah hepatitis A. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus hepatitis A yang menular dari makanan dan minuman terkontaminasi.

4. Kolera

Kolera adalah infeksi yang menyebabkan seseorang mengalami diare dengan warna pucat seperti air cucian beras. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Vibrio cholerae yang menular melalui air yang terkontaminasi.

Tanpa penanganan, kolera dapat mengakibatkan dehidrasi parah hingga kematian.

Indonesia masih harus mengejar ketertinggalan dalam memenuhi target sanitasi. Salah satu caranya dengan menyediakan fasilitas toilet umum yang memadai dan layak pakai.

Selain itu, masyarakat juga perlu berperan aktif dengan merawat fasilitas toilet umum yang telah tersedia. Namun, jika Anda sungkan atau risih melakukan sendiri penyedotan pada septik tank, Anda bisa gunakan bantuan jasa sedot WC Pasuruan yang sudah pasti memiliki pengalaman sehingga tidak akan menimbulkan masalah. Harga sedot WC Pasuruan juga terjangkau dan kompetitif, sehingga bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Dengan cara ini, masyarakat Indonesia dapat terbebas dari dampak kesehatan akibat toilet yang kotor dan tidak layak. Mulailah dengan menjaga kebersihan toilet di rumah Anda demi kesehatan yang lebih baik.

0
maxmian 9 bulan 0 Jawaban 72 Dilihat 0

Tinggalkan jawaban